Ingin Membangun Sistem Manajemen Gedung yang Baik? Inilah Cara-Caranya!

Bisnis penyimpanan barang dalam skala besar kini sedang mengalami kemajuan di Indonesia. Perkembangan bisnis ritel semakin pesat, sehingga membutuhkan gudang untuk menyimpan barang-barang sebelum disalurkan ke distributor. Manajemen gudang adalah hal yang sangat penting dalam proses inventaris. Memiliki pekerja yang teliti adalah kewajiban dalam pengelolaan barang di rak gudang. Jika pekerja mengalami kelalaian, maka akan berpengaruh pada pendataan barang yang datang dan dibeli oleh distributor. Membangun manajemen gudang pun tidak mudah. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah ketelitian dalam identifikasi barang.

Agar terhindar dari manajemen gudang yang salah, dalam artikel ini kami akan memberikan tips mudah untuk mendapatkan manajemen gudang yang baik. Berikut ini adalah tipsnya :

– Jangan sepelekan keamanan gudang
Kasus barang hilang di gudang sudah sering terdengar. Sebagai pemilik bisnis penyimpanan barang, sudah sewajarnya meningkatkan keamanan gudang. Anda dapat membuat kartu akses untuk staf yang bertugas mengelola inventaris di rak gudang. Jangan lupa memasang kamera pengawas di tempat strategis dan memungkinkan terjadinya pencurian. Gudang penyimpanan biasanya sangat luas sehingga menggunakan tenaga manusia saja tidak akan cukup. Anda juga harus mengenali staf pengawas dengan baik agar bisa dipercaya menjaga barang di gudang Anda.

– Memberi label pada barang
Teknologi yang berkembang memberikan inovasi pada pelabelan barang berupa kode SKU dan barcode. Pemberian label ini juga harus teliti, sehingga pastikan tidak ada label yang terduplikasi. Anda dapat menggunakan barcode scanner untuk memudahkan proses pelabelan barang di gudang. Waktunya akan lebih efisian dibandigngkan dengan hanya menggunakan catatan manual.

– Gunakan prosedur cross docking saat menyimpan barang
Menggunakan metode cross docking hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyimpan barang yang masuk. Cross docking dapat dilakukan dengan menyortir barang dari supplier dan menaruhnya ke gudang transit atau langsung ke truk barang untuk diantarkan ke distributor dengan tujuan yang sama. Prosedur ini dapat menghemat waktu dan tempat, serta mempercepat proses pengiriman.

– Melatih karyawan secara profesional
Karyawan yang bertanggung jawab pada penyimpanan barang harus memiliki pengetahuan manajemen gudang yang baik. Mereka juga harus bisa patuh terhadap semua tata tertib di gudang. Oleh sebab itu, pelatihan karyawan sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *